Powered By Blogger

Jumat, 18 Maret 2011

apa arti sebuah umur???

semakin tua semakin dewasa??????
Pernyataan itu sering dilontarkan dan dijadikan patokan kedewasaan, bahkan umur 17 tahun dijadikan waktu yang cukup layak disebut dewasa dalam beberapa hal dan dapat mendapatkan hak sebagai orang dewasa dan kewajiban yang lebih berat,membuat kartu identitas , memiliki hak untuk memilih, punya hak untuk mempunyai surat izin mengemudi  Atau umur 21 tahun yang kerap dijadikan umur yang matang di beberapa negara dalam menentukan pilihan hidup, 21 tahun dianggap sudah legal untuk membeli atau meminum liquor atau minuman beralkohol, pergi ke club malam, atau masuk ke tempat-tempat perjudian, bahkan prostitusi.

Tapi apakah benar kalau umur dan kedewasaan berjalan berdampingan????
Pertama apakah arti sebuah kedewasaan??? Menurut saya dewasa adalah disaat dimana suatu individu dapat membedakan mana yang baik dan buruk, mampu menentukan pilihan dan berpikir secara tenang walau di posisi dalam tekanan, dan yang terpenting menurut saya adalah dewasa adalah mampu menempatkan diri sesuai waktu dan tempat.

Jadi apakah semakin tua kita akan semakin dewasa? Mungkin saja, karena waktu dalam hidup yang dihabiskan seseorang pasti diisi dengan pengalaman-pengalaman yang mampu  membuat kita makin kritis dalam menanggapi suatu masalah sosial dan masalah kehidupan. Tapi ada pula faktor yang membuat orang yang sudah cukup berumur tidak cukup dewasa dalam mengatasi dan menghadapi masalah. Faktor tersebut hadir dari lingkungan masa kecil yang terlalu dimanja dan lingkungan sekolah yang terlalu "biasa" dengan lingkungan permainan yang sangat -______-  krik krik, tapi tetap saja semua itu kembali ke faktor individu masing-masing (ya as always semua masalah sosial pasti akan disangkutpautkan ke individu masing-masing dalam rangka menutup apriori secara disadari dan tidak disadari, yang sebenarnya secara fakta kurang bisa dijawab secara teorikal) dalam menyikapi sekeliling mereka.

Umur seseorang tidak bisa digunakan sebagai patokan untuk mengukur kedewasaan seseorang dalam berpikir, bertindak, maupun berkata-kata.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar